Jumat, 28 Juni 2019

Cara Membuat Ketupat, No Ribet dan Hemat Gas


Hai, hai!
Emakers yang dirahmati Allah, maafkeun, ya. Pasca sukses mencoba resep 5.30.7 membuat Ketupat , lebaran lalu, aku lupa berbagi tips dan triknya, padahal sudah janji. Heuheuu ....

Tapi, nggak ada yang nanya or nungguin, sih. Nggak papa lah, ngayal dikit kalo blognya itu udah banyak viewersnya dan sedang dinanti tayangnya. Nggak dosa, kan? Hehehe ....

Kemon, lanjut.

Jadi gini, aku tuh kan tipe cewek yang sedikit pemalas, sedikit lho, meski sudah menikah. Nah untuk urusan masak-memasak lebih sering beli. Coz, harga beli lauk matang jika dibandingkan dengan bahan mentahnya, ternyata lebih murah lauk yang sudah matang.

So, sebagai istri bersuami penghasilan pas-pasan; pas mau sedekah ada, pas mau beli bakso ada, pas mau beli buku ada, pas mau ikut kelas online ada, pas mau apa aja pokoknya ada. Aku lebih milih beli lauk matang. Apalagi kalo untuk masak yang kayaknya ribet banget, semacam ketupat dan kembarannya, rendang beserta kawan-kawannya, aku selalu menghindar.

Nah! Setelah baca postingan kakak di grup WaG keluarga tentang metode 5.30.7, aku yang punya jiwa kreatif; ssttt ... dilarang bully, penasaran pengen coba. Dan ternyata, alhamdulillah berhasil. Langsung deh pamer. Semua grup aku kirimin foto keberhasilan. Hahaha ....

Udah, ah! Yuuk langsung intip tips n trik bikin ketupat dengan metode 5.30.7.

1. Siapkan bungkus ketupat. Aku cuma nyiapin 10 bungkus, karena masih coba-coba. Cuci, lalu tiriskan.
2. Siapkan beras. Aku pake beras merah yang sudah dicampur beras putih yang biasa buat masak, satu cangkir gelas plastik. Cuci bersih, lalu tiriskan.
3. Isikan beras ke dalam selongsong ketupat, sampai setengah bagian.
4. Masukkan dalam panci, isi air sampai menutupi seluruh ketupat. Tutup.
5. Nyalakan kompor.
6. Setelah mendidih, tunggu 5 menit lalu matikan kompor.
7. Diamkan selama 30 menit, dalam keadaan panci tertutup. FYI, meski kompor dalam posisi off, tapi proses pematangam tetap terjadi.
8. Setelah 30 menit, nyalakan kembali kompor selama 7 menit.
9. Matikan kompor dan taraaa ..., ketupat sudah matang, kenyal, dan padat.
10. Tiriskan dengan cara digantung supaya tidak mudah basi. Jika sudah dingin, bisa masukkan kulkas. Tinggal dihangatkan sesaat akan dikonsumsi.

Alhamdulillah, cara ini sukses. No ribet! Dijamin hemat pemakaian gas.

Tahukah, Emak. Selama memasak, saya sampai bikin alarm di hp, supaya tidak terlewat. Wkwkwkwk ....

Metode 5.30.7 ini juga katanya bisa diaplikasikan untuk memasak bahan lainnya yang terkenal lama prosesnya, seperti; burjo, daging, ayam, lontong (kembarannya ketupat),  etc.

Oh, iya. Sebagai informasi tambahan. Saya menggunakan panci biasa, karena belum punya presto. Buat Emak yang udah punya panci presto kayaknya metode ini nggak perlu dipake. Karena presto berdaya tekanan uap tinggi, yang mampu membuat masakan lebih cepat matang dan empuk.

Selamat mencoba, ya, Mak. Semoga sukses, dan jangan lupa sharing balik yaaa... pengalamannya.

Bekasi, 28 Juni 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar